Senin, 31 Oktober 2011

Green Zone


Apakah kalian pernah menyimak masalah konflik irak? Apakah kalian tahu apa yang sebenaranya terjadi di Irak? dan apa kalian tahu apa sesungguhnya yg melatar belakangi invasi Amerika ke Irak? ya....seperti itulah rupanya yg mencoba digambarkan oleh Paul Greengrass dalam filmnya "Green Zone".

Film ini dibuka dengan malam dimana penyerangan Amerika ke Irak dimulai, dari situlah tidak diraguka lagi gaya penyutradaraan Paul Greengrass langsung terasa layaknya "bourne supermacy&ultimatum", yang sama-sam d bintangi oleh Matt Damon.

Miller (damon) adalah seorang letnan yg membawahi beberapa prajurit yg bergerak khusus di divisi pencarian senjata yg di anggap menjadi "ancaman bagi seeluruh dunia" yaitu divisi pencarian senjata pemusnah massal.
Dengan mengandalkan informant yg tidak diketahuai keberadaanya karena di anggap rahasia, miller dan anak buahnya bergerak dari satu tempat ketempat lainya demi mencari senjata pemusnah massal itu, yg tentu saja sesuai dengan petunjuk yg diberikan dari informant yg tidak diketahui keberadaanya itu.
Namun apa yg terjadi...? tidak satupun tempat yg ia datangi menjurus pada keberadaan senjata pemusnah massal itu.

Miller mulai curiga dan ragu akan tugas yg diembanya itu, dan sampai pada akhirnya ia mencoba mempertanyakan kebenaran akan hal yg diragukanya itu, dan dapat dipastikan bahwa ia langsung mendapat kecaman keras dari atasanya. namun miller ternyata tidak sendiri, diam-diam salah seorang petinggi di pemerintahan irak sementara mempunyai pemikiran yang sama dengan miller,dan sudah dipastikan merekapun bekerja sama demi mengungkap keraguan mereka.

Saat menonton film ini anda akan disuguhkan adegan2 menegangkan khas paul greengrass seperti dlm film 'bourne',dialog2 cepat disertai perpindahan kamera yg cepat pula benar2 mampu menggambarkan situasi irak dengan sangat baik,namun itu tidak lantas membuat kita sulit untuk mengikuti film ini.

Boleh dibilng jika anda penasaran dengan segala hal berbau irak atau lebih tepatnya 'hal yg melatar belakangi invasi amerika ke irak', boleh jadi film ini adalah jawabannya. walau pada kenyataanya film ini hanya menyadur dari sebuah buku saja (ga tau bukunya apa dan karangan siapa). Namun saya tetap memuji Paul greengrass dan teman2 yg telah berani membuat film yg saya anggap sangat hebat ini.

Boleh dibilang tidak banyak film seperti ini. Terakhir film seperti ini yg saya tonton adalah 'Syriana'.
film yg tidak hanya memperlihatkan sisi baik saja,tapi berani memperlihatkan sisi buruknya juga,bahkan bisa jadi dalang dari semua kekacauan semua ini. Kita sering melihat film amerika yg hanya mengagul-agulkan diri sendiri saja,bahkan lebih senang memperlihatkan kearogan,kesalahan dan keangkuhan negara lain. Tapi tidak untuk film ini, Paul greengrass dan timnya berhasil membuat film yg 'seimbang'(setidaknya dimata saya), dan nyatanya berhasil membuat saya terpukau.

 Overall : 8/10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar