Kamis, 27 Oktober 2011

Sector 7



Entah sutradara film ini merupakan fans dari film Alien/aliens atau bukan?,atau juga pengagum karakter Ellen Ripley atau bukan?,tapi yang pasti,sepajang filmnya kita akan disuguhi set-set yang menyerupai filmnya james cameron ataupun Ridley scott  itu. Lorong-lorong gelap,besi-besi tua serta kernyitan dan gesekan besi-besi yang membahana ruangan sungguh menyerupai film alien/aliens.

Sebelum dirilis,banyak yang menyebutkan kalau filmnya ini akan menyerupai atau setipe dengan film The host buah karya Bong-joon-ho yang phenomenal itu. Dengan memunculkan sosok monster serta carater hero diharapkan memang filmnya jauh lebih baik dari film the host.

Diceritakan sekelompok orang berkumpul di sektor 7 yang tempatnya berada ditengah lautan,untuk mencari minyak bumi. Mereka tidak tahu kalau dulunya tempat ini pernah dipakai untuk sebuah penelitian. Prustasi karena tidak kunjung mendapatkan hasil,maka sebagian orang memutuskan untuk pergi meninggalkan tempat ini. Tapi seorang perempuan yang boleh dibilang salah satu pimpinan ditempat ini tetap bersikukuh kalau ditempat ini kaya akan minyak bumi walau sekarang masih belum menemukanya. Maka untuk mencari bantuan demi tidak menutup proyek ini,dia memanggil pamannya yang juga sering melakukan hal sperti ini,singkatnya dia orang yang sangat berpengalaman. Maka dimulailah proyek ini,dan disaat yang bersamaan pula bermunculan teror-teror yang tidak terduga kejadianya.

Jujur saya bilang kalau set film ini cukup berhasil menduplikasi set dari film Alien/aliens,lorong panjang yang sunyi serta gelap,besi karatan nan tua berhasil meyakinkan saya kalau budget film ini tidaklah main-main. Namun sayang,dengan set yang cukup meyakinkan itu,atmosfer yang tercipta justru sama sekali tidak terasa. Atmosfer yang seharusnya mampu membuat penonton merasa berada diposisi itu,malah sama sekali tidak terasa. Yang ada hanyalah teriakan dan lari-larian yang boleh saya bilang terlalu "riweuh". Sosok pahlawan perempuan yang "mungkin" terinsfirasi sosok ellen ripley di film alien sama sekali tidak terasa. Jalinan emosi antar pemain terkesan dipaksakan,sosok monster yang seharusnya membuat kita ngenes seperti halnya di film The Host,justru disini keberadaanya hanyalah untuk membabi buta dan mencakar-cakar saja,singkatnya tidak membuat kesan apapun.

Pada keseimpulanya,film yang setnya sudah saya bilang tadi cukup meyakinkan,terasa terbuang dengan percuma. Bahkan sosok monster yang walau tidak sekeren monster-monster buatan Hollywood,harusnya punya peranan penting layaknya monster rekaan Bong-joon ho. Film ini telah kehilangan gregetnya bahkan saat baru memasuki paruh waktu pertama. Banyak aspek yang terkesan dilupakan begitu saja sehingga membuat filmnya terasa kehilangan sebagian jiwa yang justru penting dalam sebuah film.

so, ... this is only my reviews, maybe you have different views about this movie.
My Rate : 2 out of 5 stars

*
The host : 4,5 out of 5 stars
Alien       : 3,5 out of 5 stars
Aliens     : 4 out of 5 stars

Tidak ada komentar:

Posting Komentar