Rabu, 26 Oktober 2011

Vera Drake

Cast: imelda staunton,philip davis
Director : mike leigh

Vera drake mengangkat isu tentang aborsi yang masih tabu pada masanya itu. film yg berseting sekitar tahun 1950'an ini menceritakan tentang seorang wanita 'vera drake' (imelda staunton) yg diam-diam melakoni profesi sebagai orang yang membantu dalam menggugurkan kandungan,tentu saja secara ilegal.

Dia adalah seorang ibu rumah tangga yang sangat dipuja oleh kedua anaknya serta suaminya. walau hidup dalam kesederhanaan,tapi justru ia mampu membuat keluarganya merasa bahagia. bahkan ia kerap mendapat pujian-pujian dari keluarga, teman dan kerabat dekatnya. Ia juga terkenal dengan keramahan serta kebaikanya itu.

Tapi apa yang terjadi ketika profesi gelapnya itu ternyata telah memakan korban dan telah tercium oleh yang berwenang, tentu saja ia harus mampu menjelaskan kepada semua orang apa yang sebenarnya terjadi terutama kepada keluarganya yang sudah menganggap dirinya sebagai "dewa".
Dengan dalih demi kebaikan dan niat menolong tanpa pamrih, jelas ia tidak bisa meyakinkan pihak berwenang untuk meloloskanya dari jerat hukuman,walau paktanya benar demikian. apalagi seorang temanya ternyata berhasil memanfaatkanya secara diam-diam tanpa sepengetahuan dirinya, dan tak ayal diapun tidak bisa lolos dari jeratan hukum yang menimpa dirinya.

Dan setelah semuanya berlalu, saat sang ibu kembali kerumah, maka tidak mungkin semuanya akan kembali sepeti semula.

Imelda staunton berhasil masuk nominasi oscar sebagai aktris terbaik bersaing dengan annette bening,kate winslet,catalina sandino dan hillary swank yg berhasil membawanya.


overall : 8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar